Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru

February 19, 2016
Cara Membuat Blog
Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru untuk Blog Pribadi & Bisnis Online. Tips Praktis Blogging bagi Pemula.

BLOG adalah situs pribadi (personal website) berisi "catatan harian" (online diary) untuk berbagi pengalaman, wawasan, curhat, link, publikasi foto dan video, dan sebagainya.

Kini juga berkembang menjadi sarana bisnis online (e-commerce), pemasaran internet (internet marketing), toko online, bahkan jadi portal berita (media online, media siber) dan media propaganda atau kampanye politik.


Cara Membuat Blog

Cara membuat blog sangat mudah, semudah membuat email atau akun media sosial. Posting atau mengisinya juga mudah, semudah update status Facebook atau Twitter.

Untuk membuat blog yang SEO Friendly, yaitu blog yang mudah dan cepat terindeks Google, juga mudah. Banyak sekali template blog SEO Friendly gratis yang bisa digunakan. Banyak pula tips dan trik SEO untuk membuat blog Anda cepat populer dan mendatangkan banyak pengunjung.

Namun, sebelum ke teknis membuat blog, kita pahami dulu beberapa istilah penting seputar blogging, yakni platform blog dan niche blog.

Platform Blog

Platform Blog
Platform blog adalah situs atau website tempat membuat blog. Platform blog yang bisa digunakan cukup  banyak.

Namun, menurut situs pemeringkat website dunia, Alexa, platform blog terpopuler dan terbanyak digunakan adalah Blogger (Blogspot) milik Google dan Wordpress.

Kedua blog dengan platform ini pula yang paling sering muncul di halaman depan pencarian Google saat pengguna internet mencari informasi.

Blogger paling banyak terindeks Google. Hal itu wajar, karena blogger merupakan milik mesin pencari terkemuka di dunia (Google). Kalau kita mencari informasi apa saja di Google, juga di Bing atau Yahoo, maka kebanyakan blog yang muncul dari blogger (blogspot).

Selain Blogger dan WordPress, masih banyak platform blog lain, seeprti TypePad, Tumblr, dan Live Journal. Namun, itu tadi, terpopuler mah Blogger.

Niche Blog

Setelah menentukan platform blog yang digunakan, misalnya Blogger, maka tahap kedua adalah menentukan niche, yaitu tema atau topik yang akan menjadi konten atau isi blog.

Misalnya, jika blog Anda nanti berisi seputar sepakbola, maka niche blognya berarti sepakbola. Jika konten (postingan) blog Anda  nanti Informasi tentang Kota Bandung, maka niche blog Anda tentang Bandung.

Begitu seterusnya. Itu yang dinamakan Niche Blog.

Namun, jika isi blog Anda nanti akan berisi apa saja, segala macam, apa saja ditulis, maka Anda tidak memilih niche, namun blog Anda menjadi "general blog", yaitu blog umum yang isinya segala macam hal.

Tahapan Teknis Membuat Blog

Kini saatnya kita langsung action, membuat blog di Blogger atau Blogspot. Ikuti langkah berikut ini.

1. Buka Blogger
2. Login menggunakan akun Gmail Anda. Jika belum punya akun Gmail, silakan buat dulu, dan bisa langsung ke membuat blog.

Catatan:

  • Sebelum beralih ke halaman blogger, terlebih dahulu Anda harus memilih profil mana yang Anda gunakan: Profil Blogger atau Profil Google+
  • Form profil Google Plus akan terisi secara otomotis. Anda juga bisa mengeditnya. Jika sudah selesai mengedit, silakan pilih Upgrade.


3. Langkah berikutnya klik Continue, Continue lagi, dan Continue anyway.
4. Setelah klik Finish, klik Continue to Blogger untuk beralih ke halaman blogger.

Saatnya Membuat Blog!
  1. Klik menu New Blog.
  2. Klik Create blog!
Demikian dulu panduan cara membuat blog di blogger. Nanti dilanjutkan dengan gambar dan langkah lebih rinci.*

Thanks for reading Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot Terbaru

Related Posts

Next Article
« Prev Post
First
Your Comments

No SPAM, Please...!