Cara Share Otomatis Posting Blog ke Facebook dan Twitter
Cara Share Otomatis Posting Blog ke Facebook dan Twitter

MENYEBARKAN atau membagikan (share) posting blog ke Facebook dan Twitter merupakan bagian dari tips SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan popularitas blog.

Sebelumnya kita sudah bahas cara share otomatis posting blog ke Google Plus yang juga bertujuan untuk mengoptimalkan SEO Blog dan Indeks Mesin Pencari khususnya Google.

Berikut ini langkah-langkah Cara Share Otomatis Posting Blog ke Facebook dan Twitter

1. Daftar ke Feedburner

Langkah pertama untuk menghubungkan Blog dengan Facebook dan Twitter adalah dengan mendaftarkan blog kita ke Google Feedburner.

Daftar ke Feedburner juga berfungsi untuk membuat Kotak Berlangganan --form bagi pengunjung untuk menerima update posting blog kita langsung di Inbox Emailnya.

Setelah proses submit selesai, cari menu Socialize, klik, dan tambahkan akun Twitter kita di sana, seperti gambar berikut ini:

setting feedburner

2. Setting di Facebook & Twitter

Setelah selesai di Feedburner, maka langkah selanjutnya adalah setting di Twitter. Caranya, buka dan login akun Twitter dan Facebook Anda.

Langkah berikutnya adalah mengikuti panduan Twitter tentang Cara Menggunakan Twitter dengan Facebook berikut ini:

a. Untuk menghubungkan akun Twitter dan profil Facebook:
  1. Masuk ke akun Twitter yang akan dikaitkan dengan profil Facebook Anda.
  2. Buka menu Pengaturan pada tab Aplikasi
  3. Klik Hubungkan ke Facebook.
  4. Jika belum masuk ke Facebook, Anda akan diminta memasukkan kredensial masuk Facebook Anda. Masukkan kredensial Anda dan klik Masuk untuk masuk ke Facebook.
  5. Anda kemudian akan menerima pesan yang menjelaskan bahwa Twitter akan menerima informasi tertentu dari akun Facebook Anda. Agar dapat melanjutkan, Anda harus memilih “Oke”.
  6. Pesan berikutnya adalah pilih pengaturan privasi untuk mengatur siapa yang akan melihat Tweet dan Retweet Anda yang dikirimkan ke dinding Facebook Anda. Diatur ke teman secara bawaan.
  7. Klik “Oke” untuk menyelesaikan proses.
Tweet dan Retweet Anda akan dikirimkan ke dinding Facebook profil Anda dan nama pengguna Anda juga akan ditampilkan. @Balasan tidak akan dikirimkan.
Perhatikan: Untuk menghubungkan pembaruan Facebook Anda ke Twitter, gunakan aplikasi ini di Facebook: https://www.facebook.com/twitter.
b. Untuk menghubungkan akun Twitter ke halaman Facebook:
Jika Anda memiliki atau sebagai admin Halaman Penggemar Facebook, Anda dapat mengirimkan Tweet dan Retweet dari akun Twitter Anda ke Halaman Facebook Anda.
  1. Ikuti langkah-langkah di atas untuk terhubung ke profil Facebook Anda.
  2. Jika Anda belum melakukannya, buka Pengaturan aplikasi dan berikan izin “kelola halaman” ke Twitter untuk profil Facebook Anda.
  3. Di Pengaturan aplikasi Anda, Pilih halaman yang ingin Anda hubungkan.
  4. Saat diminta, klik memberikan izin untuk mengirim ke halaman Facebook yang dipilih.
Catatan Privasi:

Untuk mengontrol siapa saja yang akan melihat Tweet, Retweet, dan nama pengguna Anda, buka Pengaturan Aplikasi Facebook Anda dan klik Edit sehingga aplikasi Twitter dapat membatasi siapa saja yang dapat melihat Tweet dan Retweet Anda di dinding Facebook Anda. 

Kecuali jika secara tegas Anda memilih mengizinkan Twitter untuk Facebook menghubungkan akun Twitter Anda ke akun Facebook, kami tidak akan mengirim-silang ke Facebook atas nama Anda, atau menampilkan nama pengguna, gambar profil, atau informasi profil Twitter Anda lainnya di Facebook.
Saat Anda memilih untuk menghubungkan akun Twitter Anda ke akun Facebook, layar dialog otentikasi Facebook akan menentukan informasi akun Facebook yang Anda izinkan disebar dengan Twitter, termasuk profil publik dan ulang tahun Anda. 

Demikian Cara Share Otomatis Posting Blog ke Facebook dan Twitter dengan memanfaatkan fitur Feedburner.

Dengan Share Otomatis Posting Blog ke Facebook dan Twitter, maka sekali posting, otomatis konten blog Anda akan tersebar di Feedburner, Facebook, dan Twitter sehingga meningkatkan SEO Blog dan memudahkan indeks oleh mesin pencari.***