Persib Bandung Klub Sepakbola Terpopuler di Asia
PERSIB Bandung merupakan klub sepakbola terpopuler di kawasan Asia. Demikian menurut Federasi Sepak bola Asia (AFC).

AFC melakukan penilaian klub paling poluler di Asia berdasarkan jumlah pengikut terbanyak di media sosial Facebook.

Dari hasil survei, Persib Bandung menempati urutan pertama paling populer di Asia. Tim berjuluk Maung Bandung dan Pangeran Biru itu memiliki pengikut sampai 9,5 juta orang di fans page Facebook-nya.

AFC mengklaim, hadirnya Michael Essien ke Persib di musim ini menjadi salah satu penyebabnya.

"Dengan 9,5 juta pengikut di Facebook, raksasa Indonesia Persib Bandung, klub mantan bintang Chelsea dan Real Madrid Michael Essien, bisa (mungkin) diklaim sebagai klub terpopuler di Asia,” tulis AFC di situs resminya.

Nama Persib semakin besar ketika mereka mendatangkan mantan pemain West Ham United, Carlton Cole. Sebelum Cole datang, Persib juga mengontrak mantan pemain Chelsea, Essien.

Saat ini, jumlah pengikut Persib di Facebook mencapai 9,54 juta orang. Di twitter, ada sebanyak 2,9 juta orang yang menjadi follower Maung Bandung.

AFC menyebutkan, Pangeran Biru memiliki suporter setia bernama Bobotoh dengan kelompok suporter fanatik yang tergabung dalam Viking Persib Fans Club.

Nama Viking bahkan membuat Raja Swedia, Carl XVI Gustaf, ingin bertemu dengan anggota Viking ketika berkunjung ke Bandung, Mei 2017. Nama Viking sendiri berasal dari sebuah kelompok para pejuang asal Skandinavia.*