Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copas Kecuali Pada Bagian Tertentu

Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copas Kecuali Pada Bagian Tertentu
BANYAK blogger memasang kode anti copy paste (copas) di blognya sehingga postingan atau tulisannya tidak bisa disalin (copas) oleh pengunjungnya.

Sebenarnya, memasang kode anti copas sia-sia saja, sebab masih bisa ditembus dengan cara menonaktifkan javascript di browser atau menggunakan aplikasi/add-on print-friendly pdf.

Berikut ini Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copas Kecuali Pada Bagian Tertentu. Maksudnya, teks atau artikel tidak bisa dicopas, namun di bagian --misalnya-- teks yang diblok (blockquote) atau menggunakan tanda khusus, bisa dicopas, seperti pada blog ini.

Yang mengherankan sekaligus menggelikan, jika ada blogger yang berbagi tips dan kode, namun kodenya nggak bisa dicopas. Apanan eta teh pikaseurieun pisan, leres? (Baca: Lucu 'kan?)

Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copas Kecuali Pada Bagian Tertentu

1. Tema > Edit HTML
2. Copas kode berikut ini di atas kode ]]></b:skin>

/* Kode tidak bisa di copy */
.post-outer {-webkit-touch-callout:none;-khtml-user-select:none;-webkit-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;}
/* Kode Bagian tertentu Bisa Di Copy */
.post_body p, .post blockquote,.post pre,.post code { -webkit-touch-callout:text; -khtml-user-select:text; -webkit-user-select:text; -moz-user-select:text; -ms-user-select:text; }

3. Save!

Kode di atas membuat konten atau postingan blog tidak bisa dicopas, kecuali bagian teks yang diblok (blockquote) atau menggunakan elemen khusus.

Demikian Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copas Kecuali Pada Bagian Tertentu. (bloggerbandung.net).*