Pengaruh Custom Domain terhadap Trafik Pengunjung Blog

November 13, 2017
Pengaruh Custom Domain terhadap Trafik Pengunjung Blog dan Cara Mengatasinya.

Pengaruh Custom Domain terhadap Trafik Pengunjung Blog
Custom Domain adalah mengganti atau mengubah nama dan alamat domain dari Blogspot menjadi nama domain sendiri --bisanya menjadi Top Level Domain (TLD) seperti .com, .id, .net, dll.

Kita bisa melakukan Custom Domain dengan Panduan Blogger dan panduan dari provider domain tempat kita mendaftarkan nama domain.

Menggunakan nama domain sendiri tidak diragukan lagi, pasti blog kita lebih ramah mesin pencari (SEO Friendly), lebih kredibel atau terpercaya, lebih profesional, dan lebih mudah diterima Google AdSense.

Masalahnya, bagaimana Pengaruh Custom Domain terhadap Trafik Pengunjung Blog?

Ringkasnya, dalam 1-2 hari atau lebih, trafik blog kita akan menurun. Jumlah pengunjung akan menurun, bahkan bisa lebih dari 50%.

Namun, penurunan trafik sifatnya sementara. Lambat-laut trafik akan kembali normal, bahkan naik seiring dengan kian kredibel dan seo friendly-nya alamat url atau nama domain blog kita.

Karena Nama domain Anda sama halnya dengan domain yang baru dibuat, tentu saja Alexa Rank dan Page Rank (PR) akan kembali ke awal. Untuk meningkatkannya maka anda perlu mengoptimasinya kembali seperti halnya optimasi pada blog baru.

Cara Mengembalikan Trafik Blog setelah Custom Domain

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan setelah melakukan Custom Domain dan mengatasi pengaruh pengunjung yang menurun.

#1. Submit kembali domain blog Anda di google

Lakukan submit satu kali alamat url blog baru anda di google submit url, tujuannya adalah agar domain baru anda lebih cepat dikenali dan diindex oleh mesin pencari google.

#2. Daftarkan domain baru Anda di Google Webmaster Tool.

Jangan lupa , lakukan submit ulang sitemap blog Anda: Submit Now!
#3. Mendaftarkan kembali blog Anda ke Google Analitic
#4. Lakukan ping untuk domain blog baru Anda

Ping tujuannya adalah memberi sinyal terhadap googlebot bahwa ada domain atau artikel baru yang harus di-crawl, silahkan anda lakukan ping hanya untuk url domain baru anda saja, berikut beberapa situs penyedia ping yang bisa anda gunakan:
a. GooglePing.com,
b. Pingates.com
c. Pingomatic.com
d. Totalping.com
e. MyPageRank.net

Baca: Daftar Situs Ping Blog Gratis dan Terpercaya

#5. Rajin Upade

Google atau mesin pencari lainnya sangat suka konten blog baru, fresh, segar, unik, dan orisinal. Lakukan update secara rutin. Jika perlu, bahkan perlu banget, lakukan update posting lama dengan menambah menjadi lebih panjang plus gambar dan video jika ada.

Demikian ulasan tentang Pengaruh Custom Domain terhadap Trafik Pengunjung Blog dan cara mengatasinya.*

Thanks for reading Pengaruh Custom Domain terhadap Trafik Pengunjung Blog

Related Posts

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Your Comments

No SPAM, Please...!