Ciri-Ciri Template Blog yang Baik dan Berkualitas

Ciri-Ciri Template Blog yang Baik dan Berkualitas
Template atau tema memainkan peran penting dalam sukses blogging.

Sebagian besar faktor SEO ada di template. Sebagian kecil, namun menjadi penentu utama, adalah konten atau isi berupa artikel berkualitas.

Template blog bukan saja soal desain tampilan, tapi juga berisi sejumlah kode yang "mengenalkan" blog kepada mesin pencari (meta tags) sehingga mudah dan cepat terindeks.

Blogger pemula biasanya belum terlalu "ngeh" (hirau) soal template blog. Bisa jadi "asal pilih" atau "asal bagus", padahal pengaruhnya tidak bagus buat SEO blognya.

Ciri-Ciri Template Blog yang Baik dan Berkualitas

Berikut ini beberapa kriteria template blog yang baik dan berkualitas. Fungsinya mendukung konten blog supaya lebih mudah dan cepat terindeks mesin pencari, khususnya Google.

1. Ringan

Para blogger mengenalnya dengan sebutan fast loading. Kecepatan loading template blog bisa dicek melalui blog demonya di PageSpeed Insight dan GT Metrix.

Template ringan atau loadingnya cepat, ingat template ringan adalah salah satu yang bisa mempengaruhi peringkat halaman di mesin pencari, karena loading speed sudah menjadi bagian dari Google Ranking Factor, khususnya versi mobile. Semakin ringan loading sebuah template ,maka itu semakin baik.


2. Ramah Seluler.

Para blogger mengnalnya sebagai template responsive. Template yang dibuat dalam tiga tahun terakhir ini semuanya responsive atau mobile friendly. Kalaupun tidak ramah seluler, Blogger menyiapkan versi mobile.

Template mobile friendly adalah template yang sangat ringan jika diakses menggunakan perangkat mobile (HP). Tampilan blog akan menyesuaikan dengan ukuran atau lebar layar perangkat yang digunakan tanpa harus scroll ke kiri dan kanan.

Google mengumumkan soal ramah seluler ini dalam Mobile-Geddon.

Kita bisa cek sebuah template apakah ramah seluler atau tidak melalui Google Mobile-friendly Test atau Troy.

3. Memiliki struktur data yang baik

Struktur data meskipun bukan faktor seo akan membantu Google menampilkan informasi blog secara lebih baik ketika ditemukan di hasil pencarian, struktur data secara tidak langsung memiliki korelasi dengan SEO.

Struktur data ini dikenal dengan istilah Schema. Google juga menyiapkan laman khusus untuk mengecek struktur data template blog di Structured Data Testing Tools.

4. Ukuran File Kecil.

Ukuran file yang kecil mewakili bahwa struktur kode template baik dan dapat mempengaruhi kecepatan loading template tersebut. Semakin kecil ukuran file maka akan semakin baik.

Template simple biasanya berukuran sekitar 100kb. Template magazine style dipastikan lebih besar karena lebih banyak kode CSS, HTML, dan JavaScript untuk mengatur tampilannya.

Demikian Ciri-Ciri Template Blog yang Baik dan Berkualitas. (Blogger Bandung).*

0 Response to "Ciri-Ciri Template Blog yang Baik dan Berkualitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel